Saturday, January 19, 2013

SATU LAGI “PASSELLE PASAU” PUTRA IDIOLOGI TERDEKAT ANREGURUTTA AMBO DALLE:



Mengenal: Prof. DR. H. Abdur Rahim Arsyad, MA
Gurutta DR Haji Rahim, demikian Beliau suka disapa oleh mahasiswa dan santri-santrinta. Ayah dari dua orang putri dan satu orang putra ini lahir di Watte’e, Kabupaten Sidrap pada tahun 1950. Ketika masih berumur sangat belia sekali, dan sebelum diambil oleh Anregurutta Ambo Dalle, Beliau sehari-sehari pergi mengambil gula di gunung Tirasa Pinrang, dan hasil yang diperoleh dari mengambil gula tersebut sebagian dibelikan bahan makanan untuk di makan bersama dua orang adiknya, dan sebagian sisanya ditabung untuk membeli buku dan pensil

Allahu Rahimun (Allah Maha Penyayang), adalah sesuai dengan nama yang diberikan kepada Beliau dari kedua orang tuanya, maka berbagai cara Allah SWT untuk memperlihakan kasih sayang-Nya kepada hamba-Nya yang di ridhai-Nya, sehingga tibalah suatu saat Rahim kecil sedang menggembalakan kambing milik Anregurutta Ambo Dalle di suatu padang rumput sambil menulis-nulis dengan buku dan pensil yang selalu dibawanya kemana dia pergi, maka pemandangan itu pun langsung tertuju kepada kedua mata mulia Anregurutta, dan dari sejak itulah Beliau diangkat anak oleh Anregurutta dan di sekolahkan sambil selalu mendampingi tugas-tugas da’wah Beliau, dialah yang sering membonceng Anregurutta dari Mangkoso – Parepare dan kembali ke Mangkoso lagi dengan memakai sepeda angin. 

Ulama yang terkenal sangat tawaduhu’ ini selalu komeitmen di dalam hidupnya, selalu berusaha menyeimbangkan antara dunia dan akhiratnya. Beliau menyelesaikan Studi S1 di Fak. Ushuludin, Universitas Islam DDI Parepare dengan menyandang gelar BA pada tahun 1972. Suami dari Hj. Hartati ini melanjutkan studi S1-nya di lembaga pendidikan tertua di dunia Universitas al-Azhar, Cairo - Mesir dan selesai gelar Licence (Lc) nya pada tahun 1976 dengan predikat JAYYID

Setelah menyelesaikan pendidikan S1-nya di al-Azhar, dosen yang saat ini menjabat Ketua di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) di kota Parepare ini melanjutkan pendidikan pasca-sarjana, stud1 S2-nya dan menyelesaikan Program Magister dengan sangat memukau para tim pengujinya, Beliau meraih predikat “SUMMA CUMLAUDE” (Predikat tertinggi dan terbaik) di Unversitas yang sama (Al-Azhar, cairo) pada tahun 1980. 

Rupanya studi S2 ternyata belum mampu menghilangkan kehausannya akan ilmu agama, murid kesayangan Anregurutta Ambo Dalle ini kembali lagi ke Cairo – Mesir untuk melanjutkan studinya dan berhasil menggondol gelar Doktoral S3-nya pada tahun 1986 di AL-Azhar dengan judul disertasi:
الحركة التبشير في إندونيسيا وموقف المسلمين منها
Atau: (Gerakaan Misionaris di Indonesia dan komitmen umat Islam terhadapnya), beliau kembali berhasil menyandang predikat “SUMMA CUMLAUDE”, dan sukses menjadi DOKTOR pertama dalam bidang dakwah di Asia Timur dan Tenggara. 

Kemudian pada tahun 2011 lalu beliau berhasil mendapatkan gelar Profesor-nya dalam bidang dakwah dan tafsir di STAIN Parepare. Kini Beliau sedang menghabiskan masa periode ke-2 nya sebagai ketua STAIN Parepare.
Artikel berhubungan:
  1. Prof. DR. Andi Syamsul Bahri Andi Galigo Manggaberani
  2. Mengenala Passelle Pasau-na Anregurutta Ambo Dalle
  3. Saatnya Purnama DDI dan Kaballangan Bersinar Terang
  4. Catatan: Haul Anregurutta ke-13 Tahun 2009
  5. Haul Gurutta Ambo Dalle 
  6. Mengejar Berkahnya Gurutta KeTanah Bugis
  7. Seorang Anak Polisi MemburuBarakka’ Ke Kaballangang
  8. Barakka’-na Anregurutta AmboDalle
  9. Isra'-Mi'raj Ke Elle Salewo-E Bersama Gurutta H. Jamalu  
  10. Seorang Muhajir Fakir

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Facebook Badge

MyBukukuningLink

Bertukar link?



Copy kode di bawah masukan di blog anda, MyBukukuning akan segera linkback kembali. TRIMS!

Super-Bee

Popular Posts

BOOK FAIR ONLINE

Book Fair Online

Blog Archive

PENGOBATAN LANGSUNG DENGAN HERBAL ALAMI:

BURSA BUKU IAPDIKA: "KASIH SANG MERPATI" (Rp 25.000)

animated gifs
Info | KLIK: DI SINI | By IAPDIKA

IAPDIKA GALERI:

animated gifs
Info: | KLIK: DI SINI | By IAPDIKA