Monday, January 28, 2013

MENYONGSONG PURNAMA DDI 2014:



IAPDIKA; Menyongsong Lahirnya “Passelle Pasauna” Anregurutta Ambo Dalle 
Oleh: Suaib Tahir
Suasana hati mulai hidup kembali setelah munculnya figur-figur baru yang akan bekerja mewujudkan cita-cita Gurutta untuk mengembangkan kembali lembaga pendidikan yang telah diwariskan kepada murid-muridnya atau meminjam istilah teman-teman lewat social network ini yaitu, Passelle Pasauna Gurutta dari putra biologis dan ideologis. 

Tentu mereka yang ingin melihat DDI berjaya akan mendukung sepenuhnya seluruh upaya yang digerakkan oleh semua pihak untuk mencapai tujuan dimaksud. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian sehingga apa yang kita inginkan dapat tercapai sesuai dengan harapan antara lain, sebagai berikut:

  • Pertama: Niat; sebagai warga DDI yang notabenenya berlatarbelakang pendidikan agama, sudah barang tentu memahami pentingnya memperbaiki niat dalam melaksanakan sesuatu, karena jika niat tidak baik, maka upaya yang dilakukan untuk mencapai sasaran dimaksud, juga tidak akan baik, sehingga pada gilirannya akan menimbulkan perpecahan di kalangan kita dan yang paling menyedihkan jika harapan kita, tidak dapat tercapai. Sebaliknya jika niat kita baik, maka upaya yang akan dilakukan untuk mencapai sasaran dimaksud, juga akan baik sehingga pada gilirannya dan secara tidak sadar, akan mendapat respon positif dari semua pihak dan hasilnyapun akan memuaskan kita.
  • Kedua: Tujuan; tujuan untuk melakukan sesuatu sudah barang tentu harus jelas dan baik. Apabila tujuan kita tidak jelas dan tidak baik, maka upaya yang kita lakukan tidak akan sinkron antara satu dengan yang lain sehingga dalam upaya mencapai tujuan, seluruh upaya yang dilakukan tidak akan terarah. Namun sebaliknya jika tujuan kita untuk melakukan sesuatu sudah jelas dan baik, maka yakinlah bahwa seluruh upaya yang digerakkan akan sinkron dan terarah sehingga hasilnya pun akan maksimal.
  • Ketiga: Tata cara; tata cara melakukan sesuatu sangat penting bagi kita karena jika tidak sesuai dengan standar yang semestinya, maka hasilnyapun akan nihil. Sesuatu yang dilakukan dengan baik, terukur dan terencana akan memberikan hasil yang memuaskan. Akan tetapi sebaliknya, jika tata cara melakukan sesuatu tidak jelas dan amburadul maka hasilnya pun akan mengecewakan.

Ketiga hal tersebut di atas; niat, tujuan dan tatacara sangat erat kaitannya dan tidak bisa dipisahkan antara satu dengan yang lain. Niat yang baik akan melahirkan tujuan yang baik dan tujuan yang baik akan melahirkan tatacara kerja yang baik. Untuk mewujudkan “Passelle Pasauna” Al-Marhum Anregurutta, tentu tidak bisa terlepas dari ketiga hal ini yang harus mendasari seluruh kegiatan dan program yang akan dilakukan mengingat upaya untuk sampai ke tujuan, tentu tidak semudah membalik kedua telapak tangan. 

Sudah pasti di sana sini terdapat berbagai kendala yang sulit dihindari, sehingga jika ketiga hal tersebut tidak mengilhami kegiatan dan program yang akan dilakukan, maka dengan mudah menemui jalan buntuh dan yang paling menyedihkan jika semua elemen yang terlibat merasa pesimis

Mewujudkan Passelle Pasauna Gurutta dan memperbaiki kembali DDI khususnya Kaballangang merupakan tujuan dan niat yang sangat baik dan agung yang perlu didukung secara utuh dan penuh tanggung jawab, sehingga yang perlu kita perhatikan bersama hanya tatacara untuk mencapai hal tersebut. 

Tata cara yang mesti digunakan tentu tidak akan bertentangan dengan nilai-nilai budaya kita sebagai orang bugis atau sebagai ummat Islam. Seluruh kegiatan yang akan dilakukan tetap harus berada dalam koridor-koridor yang memperhatikan nilai-nilai kebugisan dan keislaman sehingga dapat meminimize gesekan atau tindakan yang mengakibatkan perpecahan. 

Tentu harapan utama kita, adalah bagaimana menyatukan kembali DDI sebagaimana ketika Anregurutta masih hidup dimana semua DDI berada dalam satu atap dan yang lebih khusus adalah Pesantren DDI Kaballangang. Vocal Point yang mutlak memiliki tiga hal tersebut di atas adalah seluruh elemen IAPDIKA yang kini telah menjadi satu-satunya tumpuan harapan yang akan menghimpun kekuatan baru untuk mewujudkan “Passelle Pasauna” Anregurutta. 

Oleh karena itu, IAPDIKA dituntut untuk aktif berinteraksi dan berkomunikasi dengan siapapun yang dianggap akan menjadi mitra dalam mewujudkan lahirnya “Passelle Pasauna” al-Marhum Anregurutta dengan tetap memperhatikan nilai-nilai kebersamaan.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Facebook Badge

MyBukukuningLink

Bertukar link?



Copy kode di bawah masukan di blog anda, MyBukukuning akan segera linkback kembali. TRIMS!

Super-Bee

Popular Posts

BOOK FAIR ONLINE

Book Fair Online

Blog Archive

PENGOBATAN LANGSUNG DENGAN HERBAL ALAMI:

BURSA BUKU IAPDIKA: "KASIH SANG MERPATI" (Rp 25.000)

animated gifs
Info | KLIK: DI SINI | By IAPDIKA

IAPDIKA GALERI:

animated gifs
Info: | KLIK: DI SINI | By IAPDIKA