Thursday, April 4, 2013

IAPDIKA AL-MUNTAZIR TELAH TURUN KE BUMI UNTUK MENYELAMATKAN KABALLANGANG DAN DDI:



Merakit Kembali Serpihan-Serpihan Peradaban Yang Tersisa
Oleh:  Tahir Abu
Kata Ibnu Khaldun al-Magribi al-Andalusi dalam karya monumentalnya “Al-Muqoddimah”: “Peradaban adalah seperti makhluk hidup yang memiliki umur dan batsan, ia bermula dari fase kelahiran, remaja, menua lalu mati. Masa tua bagi sebuah peradaban adalah sebuah daur kehidupan yang alami. Ia merupakan penyakit kronis yang tidak mungkin diobati”.

Bagi saya, Pondak Pesantren Manahilil Ulum DDI Kaballangang adalah sebuah peradaban besar yang pernah lahir di Bumi Lasinrang. Barangkali semua sepakat bahwa puncak kejayaan Kaballangang adalah era akhir 80-an atau sekitar 90-an, saya sendiri menjadi santri di Kaballangang tahun 2000-an yang tinggal menikmati puing-puing kejayaan itu.

Masyarakat pun ramai-ramai meramal mempradiksi bahwa kaballangang telah habis, bahkan muncul istilah “Cappu’ni” Barakka’na.

Kerja keras para senior kita di IAPDIKA patut di apresiasi, “to lisu mappideceng na ri patudang paselle pasau-na Gurutta ri ammemangenna”, itulah ruh semangat yang diusung. Ya’ni mencoba merakit kembali serpihan-serpihan peradaban yang tersisa dan mengembalikan amanah Gurutta kepada “Putra mahkota” yang telah dipersiakannya.

Analisa Ibnu Khaldun memang asumsi dari banyak peristiwa sejarah, meski itu baru sebatas teori. Kita semua berharap dari gerakan IAPDIKA ini akan lahir sejarah baru, kami semua yakin “Purnama DDI” itu akan kembali bersinar terang untuk kedua kalinya di Kaballangang. Dan meraih takdirnya sebagai peradaban yang “oppo” untuk kedua kalinya. Wallahul Musta’an.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Facebook Badge

MyBukukuningLink

Bertukar link?



Copy kode di bawah masukan di blog anda, MyBukukuning akan segera linkback kembali. TRIMS!

Super-Bee

Popular Posts

BOOK FAIR ONLINE

Book Fair Online

Blog Archive

PENGOBATAN LANGSUNG DENGAN HERBAL ALAMI:

BURSA BUKU IAPDIKA: "KASIH SANG MERPATI" (Rp 25.000)

animated gifs
Info | KLIK: DI SINI | By IAPDIKA

IAPDIKA GALERI:

animated gifs
Info: | KLIK: DI SINI | By IAPDIKA