Thursday, April 25, 2013

SECERCAH HARAPAN DARI SAMARINDA II:



Nuansa Indah di Samarinda

Oleh: Dr. H.M. Suaib Tahir

Para tokoh dan warga DDI telah kembali ke tempat mereka masing-masing. Panitia pun merasa lega setelah berhasil mengorganisir sebuah kegiatan yang tidak pernah dilakukan oleh warga DDI selama ini. Sementara anggota IAPDIKA yang tidak sempat hadir pada acara dimaksud tetap setia menunggu posting yang disampaikan oleh teman teman di komunitas ini. Harapannya untuk mengetahui apa yang telah disepakati pada pertemuan silaturrahim.

Meskipun secara kongkrit tidak ada yang bisa dibaca mengenai hasil pertemuan tersebut karena setiap orang memiliki interpretasi sendiri-sendiri dan kecendrungan menyampaikan apa yang diinginkan. Namun pertemuan itu, baik bagi yang hadir maupun yang tidk hadir, telah memberikan semangat baru untuk tetap berjalan menuju cita-cita dan esensi utama DDI yang telah dibangun oleh Gurutta AD yaitu pendidikan dan dakwah serta sosial kemasyarakatan dalam satu atap yaitu DDI.

Saya sangat bahagia melihat pertemuan Samarinda karena semua investasi Gurutta yang selama ini diabaikan telah bersatu dan berkumpul kembali untuk mempersamakan persepsi menuju perbaikan di DDI. Ini sangat penting karena jika para tokoh-tokoh DDI yang berkumpul di samarinda yang nota benenya adalah sarjana ilmu-ilmu keagamaan atau syariah maka otomatis orientasi yang akan dibangun tidak akan jauh dari latarbelakang mereka masing-masing dan ini yang paling penting, bagaimana mengembalikan kualitas pendidikan di madrasah-madrasah DDI dibidang syariah dan sains.

Selama beberapa dekade kualitas pendidikan cenderung merosot sehingga DDI bukan lagi tujuan utama bagi masyarakat untuk memperoleh ilmu agama. Kita harus menyadari bahwa kualitas pendidkan di setiap madrasah harus menjadi tujuan utama karena dengan demikian, peserta didik akan mampu membawa diri dimanpun berada dan akan mampu beraktualisasi di lingkungan manapun mereka hidup dan perlu disadari n bahwa pendidikan di beberapa pesantren di sulawesi masih jauh dari harapan .

Oleh karena itu, ini merupakan sebuah peluang besar dan sekaligus sebagai tantangan bagi para tkoh DDI untuk menyusun sebuah kerangka pendidikan di DDI sehingga madrasah madarsah DDI akan mampu menghasilkan santi santri yang capable dan mampu bersaing dengan madrasah lainnya.

Untuk sampai ketujuan tersebut tentulah tidak semudah membalik telapak tangan. Tetapi dibutuhkan kerja keras dan mensinergikan semua potensi yang ada dan yang paling penting adalah bagimana terlebih dahulu memperbaiki struktur organisasi shingga mampu mencapai sasaran yang diinginkan. Wassalam



No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Facebook Badge

MyBukukuningLink

Bertukar link?



Copy kode di bawah masukan di blog anda, MyBukukuning akan segera linkback kembali. TRIMS!

Super-Bee

Popular Posts

BOOK FAIR ONLINE

Book Fair Online

Blog Archive

PENGOBATAN LANGSUNG DENGAN HERBAL ALAMI:

BURSA BUKU IAPDIKA: "KASIH SANG MERPATI" (Rp 25.000)

animated gifs
Info | KLIK: DI SINI | By IAPDIKA

IAPDIKA GALERI:

animated gifs
Info: | KLIK: DI SINI | By IAPDIKA