Friday, February 8, 2013

PEMIMPIN DDI MASA DEPAN:

Pemimpin DDI Ideal: Ulama Versus Manager

Dikotomi mendasar sehingga terjadinya perpecahan pemahaman ditubuh organisasi Darud Da’wah wal-Irsyad (DDI) pasca wafatnya Almarhum Gurutta Ambo Dalle yang tercinta - sesuai apa yang saya dengar dan fahami dari kedua tokoh sentral di DDI baik itu DDI MK maupun DDI AD - adalah adanya pemahaman bahwa DDI ini merupakan organisasi kemasyarakatan yang besar setara dengan NU di jawa timur, Muhammadiyah dijawah tengah; seharusnya tidak hanya bisa dipimpin oleh kiyai seperti gurutta saja, tapi perlu dipimpin orang-orang yang memahami organasasi modern, sehingga DDI bisa berkembang besar seperti NU dan Muhammadiyah yang mungkin bisa menjadi basis poplitik dalam memperjuangkan Triologi DDI.

Disisi lain adanya pemahaman bahwa DDI haruslah dipimpin oleh seorang Ulama seperti gurutta yang berbasis pesantren, sehingga kekeramatan dan keberkahan ilmu yang dimilki oleh santrinya terjaga, kebesaran DDI terletak kemampuan para santrinya untuk mengaktualisasikan ilmu-ilmu yang di perolehnya di tengah masyarakat dimana beliau berada.

Jadi kesimpulannya ada yang berpendapat DDI Cukup dimpin oleh seorang Manager bukan Ulama, Ulama atau kiyai cukup miminpin pondok pesantren DDI saja. Inilah awal adanya perbedaan yang kita alami sekarang.... Mungkin saudara-saudaraku semua dapat memahami dari mana kita memulai sehingga terjadi rekonsiliasi diantara kedua pemahaman ini.

Ini hanyalah pendapat saya pribadi setelah menyimak dan melihat adanya kekisruhan di tubuh organisasi DDI selama ini, yang mau tidak mau berimbas atas kemorosotan Pesantren-pesantren Terutama PONPES DDI Kaballangang.

Terakhir kejayaan Kaballangang terlihat saat kami sempat melaksanakan penamatan Alumni tahun 1995 waktu kami jadi ketua OSIS, dan ternyata itu adalah awal dan akhir dari adanya penamatan di ponpes DDI kaballangang... apalagi setelah gurutta wafat....

Barakka yang selama ini identik Pesantren Kaballangang ikut menyertai Gurutta, Mudah-mudahan IAPDIKA dapat menemukan SOSOK gurutta yang dapat mewarisi Barakka Tersebut. Amin.
Semoga!

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Facebook Badge

MyBukukuningLink

Bertukar link?



Copy kode di bawah masukan di blog anda, MyBukukuning akan segera linkback kembali. TRIMS!

Super-Bee

Popular Posts

BOOK FAIR ONLINE

Book Fair Online

Blog Archive

PENGOBATAN LANGSUNG DENGAN HERBAL ALAMI:

BURSA BUKU IAPDIKA: "KASIH SANG MERPATI" (Rp 25.000)

animated gifs
Info | KLIK: DI SINI | By IAPDIKA

IAPDIKA GALERI:

animated gifs
Info: | KLIK: DI SINI | By IAPDIKA